Minggu, 13 Maret 2011

Formasi CPNS Lulusan SMU masih diterima di tahun 2011

kabar gembira bagi para pencari kerja di Kabupaten Batanghari. Meski di beberapa daerah dalam Provinsi Jambi beredar wacana tidak menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2011, tapi tak berlaku bagi Pemkab Batanghari. Tidak hanya lulusan strata 1 (S-1), lulusan SMA juga akan diakomodir.

Saat ini sedang dilakukan pendataan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang tersebar di sejumlah sekolah dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Batanghari. “Kemungkinan besar tahun ini kita tetap akan melakukan penerimaan CPNS. Sekarang kita masih mendata kekurangan pegawai di sekolah dan semua SKPD,” katanya.


Selain akan mengajukan formasi tenaga teknis, formasi guru, kesehatan, kemungkinan besar formasi untuk lulusan SMA sederajat juga akan diakomodir. Khusus lulusan SMA sederajat dibutuhkan untuk menduduki posisi sebagai sekretaris desa (sekdes).

Pasalnya, saat ini masih ada sekitar 45 posisi sekdes yang masih kosong di Kabupaten Batanghari. ”Untuk jabatan sekdes sekarang harus PNS, sehingga kita akan mengusulkan formasi lulusan SMA untuk menutupi kekosongan sekdes tersebut,” katanya.

Selain itu, para lulusan SMA sederajat juga akan ditempatkan untuk mengisi posisi sebagai anggota satuan polisi pamong praja (Satpol PP). Karena jumlah satpol PP yang ada saat ini masih belum mencukupi. Untuk Satpol PP, diperkirakan perlu melakukan penambahan personil sekitar 30 orang.

Dia menambahkan, idealnya jumlah PNS di suatu daerah minimal mencapai 3 persen dari jumlah penduduk di daerah tersebut. Dan di Kabupaten Batanghari saat ini jumlah PNS belum ada 3 persen, sehingga masih perlu dilakukan penerimaan CPNS guna menutupi kekurangan pegawai.

Jumlah pegawai yang ada selama ini juga mengalami pengurangan, karena ada PNS yang sudah memasuki masa pensiun atau pindah kerja ke daerah lain. ”Sekarang jumlah PNS di Batanghari masih kurang dari 3 persen, sehingga perlu ada penerimaan CPNS untuk menutupi kekurangan itu,” katanya.

Sekadar diketahui, pada tahun 2010 lalu Pemkab Batanghari mengusulkan penerimaan CPNS ke BKN sebanyak 1.006 formasi. Dari jumlah tersebut yang diakomodir BKN hanya sebanyak 340 formasi. Namun, untuk tahun ini, Ariansyah belum bisa memberikan berapa jumlah formasi yang akan diusulkan karena masih dalam tahap pendataan.

”Mudah-mudahan usulan yang kita ajukan nanti bisa diterima lebih banyak dari tahun lalu,” katanya

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com